Jumat, 30 September 2011

BAB IV

PENYAJIAN DATA, ANALISI DATA DAN HASIL PENELITIAN


Adapun lembar observasi dan tes yang diamati penulis selama siklus I yaitu sebagai berikut.

Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I

No

Nama Siswa

Aktif

Cukuf Aktif

Tidak Aktif

1

Abdul Rahim



2

Asniani



3

Achya Ramada. E.H



4

Fara Fajriah



5

Gilang Ramadhan



6

Herdey



7

Joko Andreyono



8

Kurnia Rahman



9

Laila Sari



10

M. Dana Damara



11

Ni’mah Nur Ma’rifah



12

Nina Pratiwi



13

Nur Lena



14

Nur Wahyu Maltian



15

Rahmatullah



16

Randa Firmanto



17

Rara Kusama Dewi



18

Razib Amrullah



19

Rona Supliyana



20

Reski Eka Yanti



21

Reski Ramadhan



22

Sarifatul Jannah



23

Siti Munawarah



24

Sarah Saputri



25

Yuliani Wulandari



Jumlah

persentase

10

9

6

40%

36%

34%

Keterangan:

Aktif : Memperhatikan penjelasan guru dan bertanya tentang materi

Cukup Aktif :Ikut belajar tetapi malu bertanya sehingga pemahaman materi cukup

Tidak Aktif : Bermain sendiri dan mengantuk

Tabel

Hasil penelitian Menulis Karangan Narasi Siswa pada Siklus I

No

Nama Siswa

I

II

III

IV

V

Jumlah

1

Abdul Rahim

20

10

5

10

10

55

2

Asniani

20

15

10

10

5

60

3

Achya Ramada. E.H

20

20

20

15

10

85

4

Fara Fajriah

20

10

10

5

10

55

5

Gilang Ramadhan

20

15

10

5

10

60

6

Herdey

20

10

10

10

10

60

7

Joko Andreyono

10

20

10

15

5

50

8

Kurnia Rahman

20

10

15

10

10

65

9

Laila Sari

20

10

10

5

10

55

10

M. Dana Damara

10

15

10

10

10

55

11

Ni’mah Nur Ma’rifah

20

20

15

15

10

80

12

Nina Pratiwi

20

15

10

10

10

55

13

Nur Lena

20

20

10

10

10

70

14

Nur Wahyu Maltian

20

20

15

10

10

75

15

Rahmatullah

20

10

10

5

10

55

16

Randa Firmanto

20

15

10

5

10

60

17

Rara Kusama Dewi

20

15

10

10

10

65

18

Razib Amrullah

20

10

15

5

10

60

19

Rona Supliyana

20

15

10

5

10

60

20

Reski Eka Yanti

20

10

10

5

10

55

21

Reski Ramadhan

20

10

10

5

10

55

22

Sarifatul Jannah

20

20

15

10

10

75

23

Siti Munawarah

20

20

15

10

10

75

24

Sarah Saputri

20

20

20

15

10

85

25

Yuliani Wulandari

20

20

20

10

10

80


Jumlah

persentase

480

19,2%

375

15%

305

12,2%

225

10,2%

240

9,6%

1605

64,2%

Keterangan :

I : Isi karangan

II : Susunan karangan

III : Susunan kalimat

IV : Pemakaian kosa kata

V : Pemakaian huruf besar dan tanda baca

Berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa hasil belajar siswa siklus mengalami peningkatan. Nilai awal 58,6 kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 64,2 lalu pada siklus II menjadi 76,3. Hal ini menbuktikan peningkatan hasil belajar yang baik. Nilai rata-rata belajar siswa juga telah mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 70.00.

Adapun lembar observasi dan tes yang diamati penulis selama siklus II yaitu sebagai berikut.

Tabel

Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus II

No

Nama Siswa

Aktif

Cukuf Aktif

Tidak Aktif

1

Abdul Rahim



2

Asniani



3

Achya Ramada. E.H



4

Fara Fajriah



5

Gilang Ramadhan



6

Herdey



7

Joko Andreyono



8

Kurnia Rahman



9

Laila Sari



10

M. Dana Damara



11

Ni’mah Nur Ma’rifah



12

Nina Pratiwi



13

Nur Lena



14

Nur Wahyu Maltian



15

Rahmatullah



16

Randa Firmanto



17

Rara Kusama Dewi



18

Razib Amrullah



19

Rona Supliyana



20

Reski Eka Yanti



21

Reski Ramadhan



22

Sarifatul Jannah



23

Siti Munawarah



24

Sarah Saputri



25

Yuliani Wulandari




Jumlah

persentase

19

6


76%

24%


Tabel

Hasil penelitian Menulis Karangan Narasi Siswa pada Siklus II

No

Nama Siswa

I

II

III

IV

V

Jumlah

1

Abdul Rahim

20

10

20

15

10

75

2

Asniani

20

15

15

20

10

80

3

Achya Ramada. E.H

20

20

10

20

15

85

4

Fara Fajriah

20

15

20

15

10

80

5

Gilang Ramadhan

20

10

20

15

10

75

6

Herdey

20

15

15

15

10

75

7

Joko Andreyono

20

15

20

10

10

75

8

Kurnia Rahman

20

20

15

15

10

80

9

Laila Sari

20

15

20

15

10

80

10

M. Dana Damara

20

10

20

10

10

70

11

Ni’mah Nur Ma’rifah

20

20

15

10

10

75

12

Nina Pratiwi

20

20

10

15

10

75

13

Nur Lena

20

20

20

10

10

80

14

Nur Wahyu Maltian

20

20

15

10

10

75

15

Rahmatullah

20

20

15

10

10

75

16

Randa Firmanto

20

15

10

15

10

70

17

Rara Kusama Dewi

20

20

15

10

10

75

18

Razib Amrullah

20

15

20

10

10

75

19

Rona Supliyana

20

20

15

10

10

75

20

Reski Eka Yanti

20

15

15

10

10

70

21

Reski Ramadhan

20

15

20

10

10

75

22

Sarifatul Jannah

20

15

15

10

10

80

23

Siti Munawarah

20

20

15

10

10

75

24

Sarah Saputri

20

20

20

10

10

80

25

Yuliani Wulandari

20

20

20

10

10

80


Jumlah

persentase

500

20%

420

16,8%

415

16,5%

310

12,4%

255

10,2%

1910

76.4%

Table

Perbandinagn Nilai Rata-rata Siswa

No

Teknik Penilaian Karangan

Siklus I

Siklus II

1.

Isi karangan

19,2%

20%

2.

Mengembangakan Paragraf

15%

16,8%

3.

Susunan Kalimat

12,2%

16,6%

4.

Pemakaian Kosa Kata

10,2%

12,4%

5.

Pemakaian Huruf Besar dan Tanda Baca

9,6%

10,2%

Jumlah

64,2%

76,3%

Table

Perbandingan Jumlah Nilai Siswa

No

Teknik Penilaian Karangan

Siklus I

Siklus II


1.

Isi karangan

480

500


2.

Mengembangakan Paragraf

375

420


3.

Susunan Kalimat

305

415


4.

Pemakaian Kosa Kata

255

310


5.

Pemakaian Huruf Besar dan Tanda Baca

240

255


Jumlah

1605

1910


e. Refleksi

Dengan didasarkan pada hasil observasi dan analisis pada siklus II maka guru biasa menghentikan tindakan karena hasil yang diperoleg sudah maksimal karena sudah memcapai syarat ketuntasan hasil belajar yaitu nilai rata-rata 76,3. Jadi, pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan metode pembelajaran picture and picture telah berhasil meningkatkan prestasi hasil belajar pada siswa MTs Sabilal Muhtadin Samarinda semester II tahun ajaran 2010/2011.

Table

Kriteria dan Hasil belajar Siswa

Urutan Siklus

Rata-rata Kelas

Nilai Hasil belajar

Kriteria Hasil Belajar

Kondisi awal

58,6

Kurang

Siklus I

64,2

Cukup

Siklus II

76,3

Baik

Dapat dikatakan bahwa pembelajaran materi menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture ini merupakan salah satu cara yang efektif dan tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil tes menulis karangan narasi menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas VIII A MTs Sabilal Muhtadin Samarinda dianalisis masing-masing aspeknya dan ditentukan persentasinya sesuai dengan rumusan yang telah ditetapkannya pada bab III. Adapun lebih jelasnya akan diuraikan sebagai berikut:

- Hasil analisis berdasarkan aspek isi karangan yaitu

Siklus I : 480 x 100% : 19,2%

25

Siklus II : 500 x 100% : 20%

25

- Hasil analisis berdasarkan aspek mengembangkan paragraph yaitu

Siklus I : 375 x 100% : 15%

25

Siklus II : 420 x 100% : 16,8%

25

- Hasil analisis berdasarkan aspek susunan kalimat

Siklus I : 305 x 100% : 12,2%

25

Siklus II : 415 x 100% : 16,6%

25

- Hasil analisis berdasarkan aspek pemakaian kosa kata

Siklus I : 255 x 100% : 10,2%

25

Siklus II : 310 x 100% : 12,4%

25

- Hasil analisis berdasarkan aspek pemakaian huruf besar dan tanda baca

Siklus I : 240 x 100% : 9,6%

25

Siklus II : 255 x 100% : 10,2%

25

b. Mengklasifikasikan kelompok siswa berdasarkan kriteria penilaian. Hasilnya dapat dilihat pada tabe berikut.

Daftar nilai mengarang secara keseluruhan berdasarkan kriteria penilaian pada siklus I:

No

Nilai Angka

Kriteria

Nilai Huruf

Frekwensi

1

80-100

Istimewa

A

4

2

70-79

Baik

B

4

3

60-69

Cukup

C

8

4

40-59

Kurang

D

9

5

0-39

Gagal

E

0

Jumlah

25

Dari data di atas dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan model pembelajaran picture and picture pada siklus I adalah kategori cukup.

Adapun hasil nilai pada siklus II dapat dilihat sebagai berikut.

No

Nilai Angka

Kriteria

Nilai Huruf

Frekwensi

1

80-100

Istimewa

A

9

2

70-79

Baik

B

16

3

60-69

Cukup

C

0

4

40-59

Kurang

D

0

5

0-39

Gagal

E

0

Jumlah

25

Data diatas menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan model pembelajaran picture and picture pada siklus II sudah mencapai kategori baik.

c. Menganalisis aktivitas belajar siswa berdasarkan pengalaman

Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I

No

Tingkat Keaktifan

Jumlah Siswa

Persentase

1

Aktif

10


2

Cukup Aktif

9


3

Tidak Aktif

6


Jumlah

0


Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus II

No

Tingkat Keaktifan

Jumlah Siswa

Persentase

1

Aktif

19


2

Cukup Aktif

6


3

Tidak Aktif

0


Jumlah



Dari data di atas, jelas terlihat bahwa setiap aspek penilaian dalam karangan narasi dan dari hasil pengamatan saat pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai kondisi awal/dasar yaitu 58,6 mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 64,2 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,3. Adapun dapat disimpulkan lagi bahwa hasil pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan, dari nilai dasar ke siklus I naik 64,2 sedangkan dari siklus II naik menjadi 76,3.

C. Hasil Penelitian

Dari hasil observasi selama proses kegiatan berlangsung mulai dari siklus I dan siklus II keaktifan dan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai kondisi awal/dasar yaitu 58,6 mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 64,2 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,3. adapun dapat disimpulkan lagi bahwa hasil pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan, dari nilai dasar ke siklus I naik 64,2 sedangkan dari siklus II naik menjadi 76,3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda...jika ada yang masih kurang akan selalo kami perbaiki...