Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·
Membaca :
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·
Menulis :
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Mengapresiasi karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi identitas diri
, keluarga, dan kerabat.
2.
IPA :
·
Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan
diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek..
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa
dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa
dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa
dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa
dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa
dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa
dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa
dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa
dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·
Siswa
dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menyalin/mencontoh huruf, suku
kata dan kata.
·
Siswa
dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa
dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan
secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·
Kalimat
sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan
huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama
: 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
F
Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F
Menyebutkan
perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
F
Melakukan
tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F
Mengamati
benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
F
Mengamati
benda yang ada di sekeliling siswa (
meja, buku, tas, dll )
F
Membilang
benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F
Menyimpan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F
Menyanyikan
lagu “pergi sekolah “
F
Menceritakan
dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F
Melakukan
tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F
Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F
Menjelaskan
kembali pentingnya identitas
diri.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
F
Membilang
benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
F
Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
F
Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F
Secara
bergiliran memperkenalkan diri.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menghitung
beda pada gambar/ model dengan jumlah benda
1 – 10.
F
Menyebutkan
jumlah banyak benda 1 – 10.
F
Meletakkan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
F
Seorang siswa
meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F
Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F
Contoh : Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis,
bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F
Mencoba untuk
mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F
Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menghitung
banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F
Menyebutkan
bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
F
Menyimpan
kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F
Menuliskan
lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F
da jumlahnya
untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F
Membilang
tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
F
Membandingkan
jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak
pada kedua kelompok benda tersebut.
F
Melakukan hal
sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F
Melakukan
pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ Dua mata saya “
F
Menyebutkan
nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
F
Menyebutkan
nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F
Menunjukkan
dan menyebutkan nama anggota tubuh
melalui tubuh temannya.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
F
Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
F
Mengamati
gambar anggota tubuh
F
Menjelaskan
kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat garis
lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F
Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F
Membuat
gambar yang berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan
menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
F
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
F
Menjelaskan
kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F
Mengamati
gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
F
Meletakkan
kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
F
Pada kartu
yang bertuliskan kegunaanya.
F
Mengamati
banyak benda yang disediakan guru.
F Membilang benda tersebut dengan jumlah berfariasi.
( 11 – 20 )
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
F
Membandingkan
kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
F
Menjelaskan
bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama
banyak.
F
Menyebutkan
nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
F
Memberikan contoh
kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
F
Melakukan
diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki
maupun perempuan.
F Mengambil kesimpulan bahawa hak dan kewajiban
laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai
kodrat.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
F Menjelaskan manfaat mempunyai alamat tempat tinggal
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
F
Memperhatikan
lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
F
Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
F
Menceritakan
alamat rumah dan alamat sekolah
F
Menceritakan
kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
F
Menceritakan
keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F
Menuliskan di
udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
F
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F
Membaca nama
bilangan yang tertera pada papan tulis.
F
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara individual dan klasikal.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,
F Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan guru, yang harus dilakukan adalah menebalkan
bentuk, garis, lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F
Menuliskan di
udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
F
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F
Membaca nama
bilangan yang tertera pada papan tulis.
F
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara individual dan
klasikal.
F
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu.( ceuli, peureup,
beubeur, dll )
F
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
F
Membedakan
suara e`, e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
F
Membaca ulang
secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e,
dan eu.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
F
Membaca
lambang bilangan 1 – 10 yang di
perlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
F
Membaca
lambang bilangan 11 – 20 yang
diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan
guru melalui kartu huruf secara acak.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas a, i,
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F
Menebalkan
bentuk huruf lepas a , i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
yang baik.
F
Menyimpan
kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
F
Mengambil
kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
F Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
F
Mengelompokkan
benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
F
Membaca
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
F Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah
dipelajari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
F
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F
Menebalkan
bentuk huruf lepas e , o, m , n, b ,
d dengan posisi duduk dan memegang
alat tulis yang baik.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Mengenal
warna lain selain warna dasar.
F Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol,
pensil warna.
F
Mewarnai
lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.
F
Mewarnai
gambar benda alam dengan warna yag sesuai.
F
Mewarnai
gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
F
Menyalin /
mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b,
d, dan n, b, d
F Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
F
Menyanyikan
lagu ” Bangun tidur ”
F
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
F
Menjelaskan
cara perawatan anggota tubuh yang diamati..
F
Menjelaskan
perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
F
Menjelaskan
bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
F Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendiskusikan
secara sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
F
Menyebutkan
kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
F
Membiasakan
diri untuk merawat anggota tubuh.
F
Menyebutkan
jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki
F
Memperagakan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
F
Menyebutkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
F
Mengamati
sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
F
Mengelompokkan
benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
F Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Membaca huruf yang sudah ditulis.
F
Menceritakan
nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
F
Menjelaskan
hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
F
Menjelaskan
bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
F
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
F
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 2 .
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh
huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d
F
Menyalin/
menuliskan huruf yang dipelajari ke
dalam tulisan tegak bersambung.
F
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 2.
F
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis..
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah
dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
F
Membaca
setiap kalaimat yang ditulis.
F
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
F
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .
F
Membaca nama
bilangan yang berpola loncat 3.
F
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup,
beubeur, dll )
F
Membaca ulang
secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F
Membaca ulang
secara klasikal kata-kata
yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 3.
F
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis..
F
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
F
Menunjukkan
perbedaan penulisan huruf e`, e dan eu.
F
Menuliskan
kata-kata yang didiktekan yang disusun
dari konsonan dan vokal e`, e, dan eu.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Menyalin/ mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf
lepas.
F
Membaca
kata-kata yang ditulis di papan tulis..
F
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan tulsan tegak bersambung..
F
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .
F
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 4.
F
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 4 di papan tulis..
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Membaca bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .
F
Membaca
setiap kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
lambang bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F
Melengkapi
urutan bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F Menyalin/ mencontoh kalimat dari buku k dalam buku
tulis sendiri.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Melakukan percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna
dasar dengan menggunakan cat air.
F
Menyebukan
warna baru hasil dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.
F
Mewarnai
bentuk dengan warna tambahan.
F
Menyalin/
mencotoh kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
F
Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru
dengan menggunakan tulisan sambung.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F
Mengerjakan
post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F
Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F
Buku Sains SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F
Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F
Buku Bina
Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Alat Peraga :
F
Gambar anggoa
tubuh.
F
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
F
Kartu huruf
F
Kartu
bilangan.
F
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
F Cat air , kuas
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. IPS :
·
Menyebutkan
nama lengkap dan panggilan besreta
usia.
·
Menceritakan
alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan
nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2. IPA :
·
Menunjukkan
bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan
cara merewat tubuh.
·
Membiasakan
merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3. PKN :
·
Menjelaskan
ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan
kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4. Matematika :
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca
dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mencocokkan
gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan
cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan
dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan
nama anggota
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua
dimensi di alam sekitar.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1.
IPS :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. nama saya .........
2. rumah saya di ......
3. adik saya ada .......
4. kakak saya ada ........
5. saya sekolah di ...........
2.
IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini
gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila kita
makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3.
membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. mata
saya ada ....
a. satu
b. dua
c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus
.....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
3.
PKN :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang
...................
2. anak perempuan bermain
.............
3. layang-layang dimainkan
oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu
...........
5. bertengkar perbuatan
..........
4.
Matematika :
1. gambar kelereng ada
.........................
2. gambar bunga ada
........................
3. gambar pensil ada
...........................
4. bangku di kelas ada
......................
5. penghapus papan tuls di kelas ada
.................
5.
Bahasa Indonesia :
·
Cocokkanlah
gambar dengan informasi.
·
Ceritakanlah
gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
nyanyikanlah
lagu.
·
Sebutkanlah
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Sebutkanlah
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Sebutkanlah
nama anggota
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Kelompokkanlah
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Kelompokkanlah
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua
dimensi di alam sekitar.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SD/MI …….
(
………………..………… )
NIP/NIK
: …………………
|
……....,
………………… 20…
Guru
Tematik Kelas I
(
…………………...……… )
NIP/NIK
: …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas komentar anda...jika ada yang masih kurang akan selalo kami perbaiki...