RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 007 Muara Komam
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang
petunjuk denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
C.
Indikator
§
Mengamati
Denah tempat tinggal
§
Mengidentifikasi
letak tempat tinggal
§
Menunjukkan
letak tempat tinggal
D.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membuat denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan denah
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan
mengenai denah yang dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ), Mandiri, dan Kerjasama
E.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Demontrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
Pelaksanaan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Internalisasi Nilai PBKB
|
Nilai
Yang Ditanamkan
|
Pertemuan I
Pendahuluan
15 Menit
|
1.
Guru
menkondisikan siswa agar benar-benar siap untuk berdo’ dan siap untuk belajar
2.
Guru
membimbing siswa berdo’a dengan tertib
3.
Memotivasi
dan apersepsi dengan melihatkan contoh gambar denah rumah (gambar terlampir)
|
·
Siswa
diajak mengamati denah lokasi tempat tinggal
·
Guru
menanyakan kepada siswa seputar denah yang diamati
|
·
Religius
·
Berani
|
Kegiatan Inti
40 Menit
|
·
Eksplorasi
1.
Guru
membentuk kelompok diskusi berdasarkan kemapuan siswa
2.
Siswa
melakukan pengamatan gambar model denah rumah untuk mengidentifikasi cara
menuju kerumah dari sekolah didepan kelompok lain
3.
Siswa
mencatat hasil pengamatannya dalam lembar pengamatan yang telah disediakan
·
Elaborasi
1.
Siswa melakukan
diskusi membahas hasil pengamatan yang telah dicatat dalam lembar pengamatan
2.
Siswa
melaporkan hasil diskusi kelompok melalui diskusi kelas
3.
Secara
bergantian kelompok lain memberikan tangggapan
4.
Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompoknya
·
Konfirmasi
1.
Berdasrkan
hasil diskusi kelompok siswa dan guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui
dan menujukkan arah dari rumah kesekolah atau sebaliknya
2.
Guru
memberikan penguatan terhadap pendapat sesuai kemapuan siswa
|
·
Guru
membimbing siswa untuk melakukan pengamatan dengan teliti,tekun dan
bertanggung jawab
·
Guru
mengajak siswa untuk saling bekerjasama dalam melakukan pengamatan
·
Guru
mengajak siswa untuk saling menghargai pendapat teman dalam berdiskusi
·
Guru
menunjukkan sikap adil terhadap siswa
yang mengajukan pertanyaan
·
Guru
memberikan penjelasan akan penting kemandirian dalam bekerja
|
·
Perhatian
(respect)
·
Tekun
·
Bertanggung
Jawab
·
Bekerjasama
·
Bertanggung
jawab
·
Kerjasama
·
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
·
Saling
menghargai
·
Mandiri
|
Penutup
25 Menit
|
§
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman
§
Guru
merefleksi proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan
§
Guru
memberikan penilaiaan hasil kinerja
|
|
·
Tanggung
jawab ( responsibility )
·
Kerjasama
|
G. Penilaian
·
Proses
diskusi
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
H. Alat/Bahan
Pelajaran
·
Buku IPA SD
Kelas IV PT.Erlangga,Tim Bina Karya Guru Hal.3 – 4
·
Gambar Model
Denal
·
Panduan
Penilaian
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H.Syaripuddin, S.Pd
NIP.19630603 198405 1 005
|
|
|
Kuaro, .........................2012
Guru Kelas
Aris Winarno
NIPTT. 19891210 200907 1 003
|
Powered By Aris Wong Elek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas komentar anda...jika ada yang masih kurang akan selalo kami perbaiki...