Minggu, 09 Desember 2012

Taufiq Kiemas

Taufiq Kiemas Foto:


Nama Lengkap : Taufiq Kiemas
Alias : Kiemas | Taufik
Kategori : POLITIKUS
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Minggu, 31 12 1942
Zodiac : Capricorn
Warga Negara : Indonesia

Anak : Puan Maharani, Muhammad Prananda, Muhammad Rizki Pratama
Istri : Megawati Soekarnoputri
Saudara : Soekarno, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra
BIOGRAFI
Taufiq Kiemas yang bergelar Datuk Basa Batuah merupakan seorang keturunan Palembang-Minangkabau. Ayahnya adalah seorang guru yang pergi merantau ke Palembang. Sedangkan ibunya, Hamzathoen Roesyda, berasal dari kanagarian Sabu, Batipuah Ateh, Tanah Datar, Sumatera Barat. Pada 17 Desember 2011, ia menjalani operasi pergantian baterai alat pemacu jantung di Rumah sakit Harapan Kita.
Politikus Indonesia yang pernah menduduki posisi sebagai Bapak Negara RI ke-5 ini sempat menjadi anggota DPR RI selama dua periode berturut-turut dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk daerah pemilihan Jawa Barat II, yaitu untuk masa bakti 1999-2004 dan 2004-2005.
Taufiq aktif berorganisasi di bawah bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang didirikan istrinya, Megawati. Saat ini,politisi yang juga pernah menjabat sebagai ketua GMNI ini menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-12 untuk masa bakti tahun 2009 hingga 2014. Jabatan ini diemban Taufiq merangkap sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPP PDI-P.
Tepat bersamaan dengan ulang tahun ke -60, Taufiq Kiemas meluncurkan sebuah buku yang ditulisnya sendiri. 'Tanpa Rakyat Tak Berarti Apa-Apa', demikian judul buku tersebut, berisi pikiran-pikiran Taufiq Kiemas yang dilengkapi dengan pemikiran para cendekiawan, kerabat, sahabat-sahabat dan juga lawan politik Taufiq. Dalam buku ini Taufiq menunjukkan cara pandangnya yang berpedoman pada asas kerakyatan. Cerita lengkap tentang hidup Taufiq juga bisa ditemukan dalam buku ini, termasuk kisah penangkapan puluhan aktivis GMNI Palembang setelah tragedi tahun 1965 di mana Taufiq termasuk di dalam puluhan aktivis tersebut. Bagaimana Taufiq bertemu dan menjalin cinta hingga menikah, serta pengalaman mendampingi sesama politikus Indonesia sekaligus mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri dalam belantikan politik nusantara juga dikisahkan Taufiq di dalam buku ini.
Riset dan analisa oleh Somya Samita
Powered By Aris Wong Elek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda...jika ada yang masih kurang akan selalo kami perbaiki...